Bentuk kegiatan dari Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2011 merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi Tes Tertulis, Presentasi Esai, Pameran Geografi, Seminar Geografi, Outdoor Learning, dan Workshop Geografi. Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA ini dihadiri oleh kontingen dari sekolah-sekolah di Indonesia di mana setiap kontingen terdiri dari dua orang siswa dengan didampingi satu guru pendamping. Tiap sekolah maksimal dapat mengirimkan dua kontingen. Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA ini juga diramaikan dengan kegiatan Lomba Ketangkasan Geografi Tingkat SMP. Penjelasan rangkaian kegiatan dalam Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2011 adalah sebagai berikut :

A. Ujian Olimpiade
1. Tes Tertulis Ujian tulis berisikan soal multiple choice, pilihan alternatif dan sebab akibat dengan jumlah
total soal 150 butir. Penjawaban soal ujian tulis ini dilaksanakan secara berkelompok. Tujuannya adalah
untuk menguji wawasan kegeografian sekaligus memacu kompetensi kognitif peserta.

2. Presentasi Esai dan Studi Kasus
Rangkaian tahap ini merupakan ajang untuk melatih kompetensi afektif danpsikomotorik siswa.
Diharapkan siswa mampu memecahkan permasalahan geografi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan
sekaligus dapat mempertanggungjawabkan solusi yang dikemukakan dalam tulisan tersebut.

a. Tahap penilaian esai dan poster Esai dan poster dibuat oleh peserta sebelum pelaksanaan
Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA. Esai dan poster tersebut mengacu pada tema yang diberikan
oleh panitia. Adapun tema untuk esai dan poster ini adalah “Kontribusi Geografi terhadap Upaya
Mitigasi Bencana Dini terkait Karakter Bentanglahan dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan”.

Peserta mendapatkan pengantar berupa prolog yang disertakan panitia pada undangan maupun
publikasi yang disebarkan. Tujuan tahap ini adalah untuk melihat tingkat pengetahuan dan pemahaman
para peserta tentang aspek-aspek ilmu geografi terutama dalam kaitannya dengan upaya mitigasi
bencana dini berdasarkan karakter bentanglahan dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

b. Tahap presentasi esai
Tahapan ini adalah presentasi dari esai para peserta yang dinyatakan lolos sebagai 10 besar.
Penilaian lolos tidaknya peserta berdasarkan akumulasi dari penilaian esai dan ujian tulis.
Tujuan tahap ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta terhadap esai yang dibuat.

c. Tahap studi kasus
Pada tahap ini peserta dihadapkan pada sebuah kasus yang telah ditentukan oleh dewan juri.
Peserta diberi waktu untuk menjawab pertanyaan dari juri. Tujuan tahap ini adalah untuk
mengetahui tingkat pendalaman tema studi kasus yang sudah dipilih peserta.